Senin, 26 November 2012

Mamah pindah rumah buat selamanya...

Mamah sih sebenernya pindah rumah kurang lebih udah 5 bulan lalu (dari Juli 2012).. nah, sebelumnya mau cerita dulu siapa sosok seorang mamah itu, dan kenapa mamah pindah rumah sendirian.. buat selama lama lama lamanyaaaa ~
Sama Mamah (Almh.) waktu jalan-jalan ke pemandian air panas akhir 2008
Mamah itu ibu, ibu guru, ibu peri, pokoknya contoh baik buat saya terutama sebagai anaknya.. Mamah bekerja sebagai Guru SD, udah sekitar 30 tahunan. Inget banget dulu, setiap mamah mau berangkat ke sekolah (dianter sama bapak naik vespa biru muda), saya suka dadah-dadah manja di depan rumah.. Kebetulan rumah saya itu walaupun di dalem komplek tapi deket dengan pinggir jalan, jadi dari jalan raya itu rumah saya bisa keliatan.. Nah, abis dadah di depan rumah, saya langsung naik ke atas tingkat terus ngedadahin mamah lagi dari kaca jendela.. dari situ saya bisa ngeliat mamah pas lewat jalan raya lagi ngelambai-lambai tangan sambil liat ke arah rumah, padahal sebenernya saya ngga keliatan sama mamah, selain sayanya yang kecil, juga kehalangan sama keca jendela..
Oke, itu salah satu kisah manis saya waktu kecil sama mamah.
Di sekolah, selain ngajar, mamah juga punya bisnis sampingan. Jualan es! Ya! Soalnya setiap lagi bikin es di rumah, terus dengan polosnya suka ikut-ikutan nimbrung sambil ngoceh-ngoceh "mamah lagi ngapain?" mamah jawab "bisnis".. Ternyata mamah saya emang mantap! Bisaan :D
Dibalik sosoknya yang tegar, mamah sebenernya mengalami darah tinggi.. ya walopun kadang suka ngomel-ngomel.. Hingga akhirnya, Maret 2008 mamah jatuh dan terkena stroke.. Awalnya mamah masih bisa berjalan sambil pegangan di tembok, tapi lama kelamaan menggunakan tongkat. Waktu itu stroke nya mamah bisa dikatakan tidak parah. Karena mamah masih bisa berbicara dengan lancar dan beraktivitas sendiri. Mamah juga sempat melakukan terapi.. Tapi hasilnya.. yaaahhhhh :(
Hingga akhirnya, stroke itu membuat mamah harus menggunakan kursi roda dan popok.. Juga membuat mamah kurang jelas berbicara..
Bulan Juli 2012, bulan dimana mamah mengalami down! Kami semua berdoa yang terbaik buat mamah. Hingga akhirnya, Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiuun, Sabtu, tanggal 21 Juli 2012 (2 Romadhon 1433 H) mamah meninggalkan kami semua, yang berarti mamah akan "pindah rumah".. Ya! Mungkin ini yang terbaik.
Semoga mamah nyaman di rumah barunya :')
Sebelum meninggal, mamah sempat memanggil anak-anaknya dan memeluk kami satu persatu.. Mamah juga sempat meminta untuk dipakaikan mukena.. Mengucapkan "Selamat Jalan" dengan jelas (padahal biasanya susah buat berbicara), minta diantar untuk terakhir kalinya, .. Alloh mengambil mamah dengan keadaan (Insya Alloh) Khusnul Khotimah (amiin), Alloh sayang sama mamah, kita semua juga sayang sama mamah.. Berikan mamah kenyamanan disisiMu :')

2 komentar:

  1. Kita sama Galuh, punya sayap sebelah..
    nangis bacanya
    ternyata kau melankolis juga

    Kalo soal tulisan udah bagus mudah dimengerti pesannya nyampe

    BalasHapus
  2. Hehehe, iya de.. Dibalik sosok saya yg doyan ngebanyol, saya juga punya sisi "sinetron" juga :)
    Makasih de, makasih :')

    BalasHapus